Kamis, 30 Mei 2019

,
Hai BP Network lovers,

Tema hari ke-12 adalah gaya rambut, dirasa kaya mau loncat tema aja. Tapi ga jadi deh, aku cerita tempo dulu saja ya.

Gaya rambut yang pernah saya coba. Awalnya saya tuh, pas SD, model rambutnya seperti dora, segitu-gitu aja. Karena kalau panjang dikit suka tumbuh biang keringat di leher.

Setelah melewati masa itu, berhasil memanjangkan rambut hingga sebahu, lalu sepinggang. Juara ini, dan di saat itu, saat sayang-sayangnya sama rambut panjang. Tiba-tiba segerombolan kutu menyerang. #Duh

Saat itulah petualangan berbagai model rambut dimulai.

1. Potongan Rambut Ala Mandarin.

Dari rambut panjang, langsung babat habis. Potong cepak, waktu itu mirip-mirip potongan rambut Andy Lau. Fungsinya agar mudah mengusir kutu.

2. Potongan Rambut Ala Tomingse


Setelah agak panjang, coba dipangkas seperti gaya tomingse ini. Berasa keren abis lah eyke. Meskipun hanya kaca yang selalu bisa melihat. Karena zaman itu sekolah sudah pake kerudung, kelayapan kadang kerudungan kadang enggak.

3. Potongan Rambut Gaya Sasak


Gaya rambut ini, ibu saya yang pingin. Karena selalu beliau yang potong rambut saya, kali itu saya manut. Dalam hati waktu itu pingin potong rambut model tin-tin yang berjambul itu.

4. Gaya Rambut Agnes Monica


Kalau pas ibu potong rambut ini, kacanya saya yang pegang, trus bilang, kurang tipis buk sebelah sini, sama yang sini, dan pas selesai potong rambut. Ibu bilang, "Gusti Allah, kuwi mau aku sing potong? Kok iso-isane manut wae aku ki."

Hasil akhirnya bawah tipis dan tidak sepanjang itu, jadi lebih maco, cocok kalo pake celana sobek-sobek.

5. Potongan Rambut Ala Bon Jovi


Potong cepak masih saya minati, berlanjut ke model seperti ini. Embuh ya! Zaman dulu itu saya merasa pede dan merasa cocok sama model rambut cepak. Mungkin karena itu makanya saya dulu lama ngejomblo, gak laku-laku.

6. Potongan Rambut Ala Nike Ardila


Nah kalo yang ini model pamungkas potongan cepak, karena setelah itu saya tinggal jauh dari ibu saya. Jadi bertahan hingga rambut panjang, sebahu ketika pulang minta potong rambut sudah tidak dilayani. Biar panjang aja, bagus kok, begitu pesan ibu saya.

Soalnya selain saya berambut cepak saya juga sedikit pethakilan. Nah kalo berambut panjang pethakilan kan lebih anggun gitu, kamuflase biar gak terlalu nampak seperti preman. Hehehe ....

Rabu, 29 Mei 2019

,
Hai pecinta tunik,

Masih ingatkah dengan model tunik pinguin beberapa waktu silam. Tunik ini nge-trend di kalangan hijaber kala itu. Dan kali ini saya akan coba bahas beberapa tunik kekinian versi saya. Emak rempong yang jarang pake tunik. 🤗

1. Tunik Sabyan

Dipopulerkan oleh dek Sabyan yang suaranya merdu meski baru mengucap hmm ... Beberapa tunik yang dikenakan menjadi tunik yang banyak diminati oleh masyarakat shop**. #Lhoh ngelapak (Nggak ngelapak cuma mantau ...)

Kesan kasual serta chic terpancar dari tunik sabyan berikut ini.




2. Tunik Asimetris

Tunik ini sesuai namanya, bentuk bagian bawahnya tidak rata namun dibuat panjang pendek atau menyerong. Design seperti ini sedang marak dan digemari.


3. Tunik Pinguin

Bentuk tunik ini pada bagian belakang menyerupai ekor pinguin dan bagian depan tunik lebih pendek. Untuk membuat pola baju semacam ini perlu adanya pecah pola, dari pola baku tunik/atasan wanita.


4. Tunik Side Tied

Tunik ini seperti cardigan, namun terdapat kancing untuk disematkan. Selain menciptakan kesan kasual namun tetap memberi kesan menawan.


Masih banyak lagi model tunik yang menawan, ini model tunik versi emak yang janrang pake tunik.

Bagaimana model tunik kesukaanmu?
,
Bismillahirrahmanirrahim 😄😄😄

Pagi yang produktif, emak nulis 3 artikel pagi ini. Kali ini dengan tema masak ketupat pakai panci presto. Kalau bandeng bisa dibilang bandeng presto berarti kali ini menghasilkan masakan ketupat presto.

Hemat waktu berbanding lurus dengan hemat energi kan ya mak?

"Atuh heeh," cik urang Citeureup mah.

Dengan panci biasa, dibutuhkan waktu 4-5 jam. Jika dengan panci presto hanya memakan waktu 1-1,5 jam saja. Jika dikalkulasi maka banyak energi yang bisa disimpan untuk memasak menu pendampingnya.

Resep Ketupat Presto
1 liter beras
15 buah ketupat yang telah dibentuk
Air

Cara memasak :
  1. Cuci beras lalu tiriskan
  2. Masukkan beras yang sudah tiris kedalam ketupat dengan takaran 1/2 dari isi ketupat.
  3. Masukkan ke dalam panci presto
  4. Tambahkan air hingga semua ketupat terendam.
  5. Masak dalam api besar hingga terdengar bunyi, lalu masak dengan api kecil. Matikan kompor jika waktu telah tercapai
  6. Keluarkan ketupat lalu tiriskan.

Tips dalam pengisian ketupat :
- Disesuaikan dengan sifat beras (pera atau pulen). 
- Pengisisan jangan terlalu penuh untuk menghasilkan ketupat yang tidak keras.

Selamat mencoba, semoga ketupat prestonya sukses dibuat ya!
Sampai ketemu lagi.
,
Bismillahirrahmanirrahim 😍😍😍

Sudah hari ke 24 tapi posting Blog masih hari ke-10 untuk BPN, Blogger Perempuan Network. Ga papa semangat Khatamin tema dan semangat khatamin Qur'an harus seimbang porsinya. Hahaha

Tema kali ini mengusung tengang penyebab bau mulut. Ya salam ini mah aroma-aroma orang berpuasa gak jauh dari ini. Lalu apa sih penyebabnya? Yuk simak sedikit info berikut.

1. Mulut kering

Mulut kering ternyata menjadi faktor penyebab utama nafas orang berpuasa bau. Karena fungsi air liur sebagai anti bacterial yang menetralkan bakteri yang ada di mulut serta membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Produksi air liur pada orang berpuasa berkurang, jadi apabila orang yang biasanya tidak bau mulut bisa bau mulut saat berpuasa.

2. Enzim dalam lambung berkurang

Saat berpuasa, pasokan air minum berkurang sehingga enzim yang digunakan untuk mencerna makanan dalam perut berkurang. Makanan dalam perut yang terhambat proses pencernaannya dapat menghasilkan bau. Hal ini dapat mengakibatkan bau mulut.

3. Gigi berlubang dan plak

Meski tidak berpuasa gigi berlubang dan plak memang sudah menjadi faktor utama penyebab mulut bau. Karena sisa-sisa makanan lebih susah dibersihkan apabila terdapat gigi berlubang dan juga plak. Aktifitas bakteri dalam gigi berlubang membuat aroma mulut menjadi bau.

Ditambah berkurangnya enzim ptealin atau kelenjar ludah, sehingga aktivitas bakteri lebih tinggi dari saat tidak berpuasa.

4. Makanan

Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut. Yaitu : bawang putih, bawang bombay, olahan susu, pete dan juga jengkol. Makanan tersebut apabila dimakan membuat mulut beraroma tak sedap. Untuk itu sebaiknya dihindari saat sahur menyantap makanan tersebut. Bisa-bisa orang-orang yang berada di dekat kita klepek-klepek. 😂

Demikian beberapa faktor penyebab bau mulut tak sedap. Sekia, sampai bertemu lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa.


,
Bismillahirrahmanirrahim 💚💚💚

Menggosok gigi atau bersiwak bisa dilakukan setiap berwudu. Bersiwak ini suatu cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, bahkan Rasulullah SAW ingin sekali memerintahkan umatnya untuk melakukannya setiap kali berwudu.

Kita bisa mempelajari lebih dalam tentang ini dari website Rumaysho.com artikel yang berjudul Sikat Gigi Saat Berpuasa, Batalkah Puasa?

Menurut hadist sahih bahwa menggosok gigi saat berpuasa, atau bersiwak tidak menyebabkan puasa seseorang batal. Asalkan tidak ada pasta gigi atau serpihan siwak yang tertelan hingga ke perut.

Dalam artikel tersebut juga disampaikan bahwa dianjurkan agar menggosok gigi ketika sehabis sahur dan sehabis berbuka.

Seperti halnya kumur-kumur saat berwudu, bersiwak tidak membatalkan puasa asalkan tidak tertelan. Meskipun siwak memiliki rasa, karena air untuk berkumur juga memiliki rasa.

Hal ini sempat membuat anak saya heboh.
"Mama, Mbak Vanya kumur-kumur gimana dong, batal berarti ya puasa Mbak Vanya?" pekiknya saat dia mandi pagi lalu berkumur-kumur.

"Mbak Vanya telan airnya apa nggak?" jawab saya mencoba menenangkan kepanikannya.

"Nggak Ma, tapi kan kata Abi gosok gigi bolehnya pas habis sahur sekalian wudu mau shalat subuh itu." Sahutnya masih dengan kegelisahan.

"Kalau airnya tidak tertelan ya tidak apa-apa. Kan yang membatalkan puasa itu minum Mbak Vanya cantik." jawabku lagi.

Mama lalu membaca kembali artikel yang sempat dibagikan dalam grup hijrah yang mama ikuti di whatsapp. Memastikan bahwa info yang saya sampaikan benar adanya.

Waktu saya kecil dulu, ibu tidak melarang saya menggosok gigi saat berpuasa, bahkan ibu menyiapkan sikat gigi, di tempat wudu, beliau selalu menggosok gigi ketika berwudu, meski tanpa pasta gigi.

Ibu menyampaikan bahwa Rasulullah SAW selalu bersiwak ketika berwudu. Tapi karena ibu tidak memiliki siwak, maka menggunakan sikat gigi sebagai ganti.

Untuk itu saya perlu belajar kembali agar yakin dalam menyampaikan informasi kepada anak. Dengan mencari dalil yang sahih.

Saya juga mencoba mengambil contoh pada serial Syamil dan Dodo dalam memberi pemahaman berkumur yang membatalkan puasa. Pada adegan Dodo meminum air wudu ketika berkumur-kumur.

Mama menjelaskan bahwa berkumur seperti Dodolah yang membatalkan puasa. Karena dengan sengaja menelan air wudu, karena tidak bisa menahan haus.

Begitu pula dengan menggosok gigi dengan pasta atau siwak, asalkan tetap menjaga diri agar tidak ada serpihan siwak atau pasta masuk ke rongga tubuh atau perut. Jika sampai tertelan maka itu menyebabkan puasa kita batal.

Dengan demikian Vanya mengerti maksud abi memintanya untuk menggosok gigi ketika berbuka, menjelang tidur dan setelah sahur.

Terima kasih sudah membaca, sampai ketemu ....

Senin, 27 Mei 2019

,
Kembali lagi, kali ini dengan mengusung tema "memutihkan wajah". Terlihat kusam terkadang membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Sehingga membuat kegiatan terhambat.

Menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari kusam dan tampak cerah dari hari ke hari, dapat dilakukan dengan cara yang natural. Beragam cara mulai dari membersihkan muka, pemakaian cream pagi dan malam, pemberian serum, serta perawatan dengan masker wajah.

Perawatan penggunaan masker memang menghabiskan banyak waktu, namun hal itu baik dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mensukseskan kinerja masker, ada langkah-langkah yang penting untuk dilakukan. Apa itu? Mari kita simak ya dears ;

  • Membersihkan muka, bisa dengan menggunakan cleansing milk serta toner. Atau dengan cara mencuci muka dengan sabun.
  • Untuk membuka pori-pori kulit bisa dilanjutkan dengan sauna wajah. Yaitu penguapan air panas ke wajah. Bisa dengan air biasa ataupun rempah sauna wajah.
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah secara merata, dengan cara diputar-putar agar sel kulit mati terangkat. Juga dengan ditekan agar masker lebih meresap.
  • Setelah kering, basuh muka, sambil diputar-putar memaksimalakn pengangkatan sel kulit mati dengan sempurna.
  • Tap-tap wajah dengan handuk dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.
Setelah mengetahui cara penggunaan masker dengan baik, sekarang kita lanjutkan dengan memilih masker alami yang mencerahkan, yaitu :

1. Masker kopi bubuk

Kopi bubuk asli, selain rasanya sedap ketika diseduh dengan gula pasir. Ternyata sangat bagus ketika digunakan untuk mencerahkan kulit. Untuk kulit berminyak, dapat ditambahkan dengan madu dan juga jeruk nipis. Seperti kulit saya, masker ini meeupakan andalan saya. Mampu mengurangi kadar minyak dalam wajah.

Kalau untuk kulit normal atau kering, bisa ditambahkan madu dan juga minyak zaitun. Efek yang dihasilkan adalah, kulit terasa halus, kenyal dan cerah seketika. Kulit mati banyak rerangkat dengan scrubing dengan buturiran bubuk kopi, hasilnya wajah akan terasa halus, segar dan memperbaiki riasan tentunya.
2. Masker teh

Ternyata masker dari teh yang diinapkan, berkhasiat memutihkan dan juga melembabkan wajah. Setelah wajah dibersihkan dan pori-piri dibuka dengan penguapan, segera basuh dengan air teh, diamkan beberapa saat.

Hasil akhir wajah tampak bercahaya serta mengembalikan kelembaban kulit. Baik untuk kulit normal dan juga berminyak.

3. Masker jeruk lemon

Masker ini simpel untuk dilakukan, iris lalu usap-usapkan pada wajah. Diamkan hingga kering, lalu bilas. Masker ini cocok untuk muka kering. Akan terlihat glowing dan segar kembali.

4. Masker tomat

Emak-emak pasti suka ini, sisakan sepitong ketika sedang memasak menggunakan tomat. Ekonomis bukan? Pastinya, dan ternyata selain berkasiat mencerahkan juga bisa mengusir jerawat.

5. Masker putih telur

Selain mencerahkan masker ini bisa digunakan untuk mengangkat kulut mati dan ketombe. Dengan penggunaan kapas. Celupkan kapas pada putih telur kemudian tempelkan ke seluruh wajah, terutama bagian hidung.

Jika sudah kering, tarik kapas, saat itulah komedo terangkat. Sehingga wajah bebas dsri komedo, akan sangat memperbaiki riasan wajah.

Masker diatas adalah masker alami yang biasa Emak temui di dapur, alias tidak perlu menyiapkan anggaran baru, hehe .... Adapun masker lain yang rekomended untuk digunakan yaitu sheet mask. Masker ini selain simple penggunaanya juga aman digunakan setiap hari.

Contoh produk sheet mask
Selain perawatan wajah dengan penggunaan masker, penggunaan cream pagi dan siang serta serum sangat mempengaruhi.

Yang terpenting dalam pemilihan kosmetik adalah disesuaikan dengan jenis kulit. Demikianlah rangkaian perawatan wajah yang bisa dilakukan dirumah.

Selasa, 21 Mei 2019

,
"Aduh aku ketombean iki," kataku.
"Halah gur sindap wae," jawab Retno.
"Kok gur sindap, wong kui ki ketombe kok," sahut nenek Retno dari dalam rumah.
"Nggih mbah, lha nek sindap niku pripun men ical mbah?" tanyaku sambil mesam-mesem.

Simbah tidak tahu kalo ketombe itu bahasa jawanya yaa sindap itu. Tapi jadinya ada ramuan ampuh penghilang ketombe. Back to nature, yuk kepoin dua alternatif ramuan yang ampuh usir ketombe. Ketombe kocar-kacir menjauh dan kepala tidak gatal lagi.


1. Daun pandan

Taukah kamu seperti apa daun pandan itu?


Hehe, sudah banyak yang tahu kalau daun pandan mah ya .... Hampir setiap rumah pernah menggunakan dan mudah dikembang-biakkan, otomatis banyak yang tanam. Daun pandan yang harum baunya dan bisa untuk pewarna alami ini memiliki fungsi sebagai anti ketombe.

Cara :
Ambil beberapa helai daun pandan. Ditumbuk hingga halus, ambil airnya dengan diperas. Lalu gunakan untuk hair mask. Usahakan sampai ke lapisan kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala agar meresap. Diamkan beberapa saat (30 menit), kemudian keramasi rambut.

Resep ini sudah saya uji ketika duduk di bangku smp. Efektif mengusir ketombe, tapi aroma rambut jadi seperti bolu pandan.

2. Buah jeruk nipis

Jeruk nipis biasanya untuk bikin obat batuk, sama penyedap kalau masak soto yakan bund. Ternyata gak cuma itu khasiatnya.

Ramuan kedua ini lebih simpel, cukup dengan satu buah jeruk nipis saja. Belah jeruk nipis lalu gosok-gosokkan pada kulit kepala. Biasanya akan terasa perih karena kulit kepala bekas digaruk terkena air jeruk.

Setelah merata, seluruh kulit kepala, pijat-pijat dan diamkan 30 menit. Biarkan meresap dulu. Setelah itu bilas dengan air, atau keramasi rambut.

Cara ini juga ampuh, meskipun selang beberapa lama ketombe balik lagi, treatment ini bisa dilakukan secara teratur jika menginginkan hasil yang maksimal.


Sebenarnya masih banyak ramuan lain untuk pengusir ketombe, tapi bagi saya kedua ramuan itu ampuh usir ketombe.

Cara lain bisa dengan rajin creambath ke salon atau menggunakan sampo anti ketombe. Harus rajin keramas, jangan sampai lepek karena bisa menyebabkan ketombe balik lagi.

Dan ternyata ketombe juga menyebabkan kerontokan pada rambut. Jadi disamping gatal yang mengganggu, rambut jadi mudah rontok.

Selasa, 14 Mei 2019

,
Hai BPN lovers,

Nasi goreng adalah jenis makanan yang selalu laris manis. Walau sudah masak porsi jumbo, pasti yang keluar dari mulut Vanya adalah, "cuman segini ma nasinya?"

Beda tipis ya genk antara saking enaknya dan juga saking doyannya.

Saya berbeda dengan ibu-ibu yang masak nasi goreng itu harus ada ini, ono, n itu. Kalau ga ada ya gak jadi bikin. Kalau saya adanya apa ya itulah nasi goreng saya. Hue ... hue ... hue ....

Nasi goreng seafood, nasi gireng teri medan, nasi goreng kambing, atau pake ayam suwir. Semua bisa diolah yang penting ada bumbunya. Daan kalau saya pasti ada campuran sayurannya. Tergantung adanya apa juga, bisa kubis, bayam, kangkung, sawi cesim.

Nah kali ini kebetulan, di rumah lagi ada telur. Ada juga bakso tapi anak-anak kurang suka jika dicampur sosis n bakso, terlebih yang punya uang belanja alias Abu Vanya n Aida. Pasti dipinggirin kalo dicampur sosis n bakso.

Nah sayuran apa yang kira-kira akan saya masukkan kedalam menu???
Ya betul sesuai judulnya yaaa ... saya campurkan kubis dan juga kemangi. 😆😆😄 (Njur koyo ngopo rasane?!) Beneran mau tahu, ayok bikin, aku kasih resepnya yaaaa ..., halah resep, kan nasgor mah udah rahasia umum. Karena nasgor itu resepnya seperti sekumpulan tahu bukan tempe, alias sudah banyak yang tahu.

Cekidot genks untuk resepnya, Nasi Goreng Kemangi yang very-very simple ini.

Bahan :
2 piring muncung nasi putih
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih kating
2 butir telur, dikocok lepas
4 lembar daun kubis yang lebar
Secukupnya kemangi
1 pucuk sdt lada bubuk
3 sendok makan kecap bangau
Secukupnya garam dapur

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih (saya diuleg)
  2. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bimbu, tumis hingga harum dan bumbu matang.
  3. Masukkan telur, tunggu agak mengental lalu orak-arik.
  4. Masukkan sayuran pelengkap, aduk dan tunggu hingga layu
  5. Masukkan nasi putih, aduk hingga rata, dan tambahkan kecap dan garam.
  6. Nasi goreng sudah jadi.
Selamat mencoba!!!

Senin, 13 Mei 2019

,
Soto ayam yang paling fenomenal soto dari mana hayoo?

Ada yang jawab, Lamongan, Tegal, dan ada juga yang bilang soto kemiri Kudus. Coto Makasar apa kabar? Itu coto tapi soto juga loh.

Bingung kan mau yang mana yang kita masak nih gaes?

Soto yang saya masak kali ini adalah soto yang biasa saya masak. Masuk khas mana, i don't know lah yaaa ... Hihihihi. Soto Ayam adalah menu favorit anak-anak.


Bahan-bahan yang digunakan :

Bumbu yang dihaluskan :
1 ekor ayam kampung
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
3 butir kemiri
1 sdt lada bubuk

Bumbu yang di geprek :
2 ruas jari lengkuas
2 ruas jari jahe
1 batang serai

Beberapa lembar daun jeruk purut

Bahan pelengkap :
Soun/bihun secukupnya
Tauge
Kol/kubis diiris tipis
Bawang goreng
Daun bawang n sledri
Tomat
Sambal tomat ❤❤❤

Cara membuat :

  1. Rebus ayam hingga empuk, boleh menggunakan panci presto. Kalau ada pilih ayam kampung yang sedang bertelur, lebih sedap rasanya.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dalam api sedang hingga matang.
  3. Masukkan bumbu geprek juga daun jeruk purut, tumis hingga keluar aromanya.
  4. Jika sudah masukkan bumbu kedalam rebusan ayam, sisihkan sedikit bumbu. 
  5. Tambahkan air agar kuahnya menjadi banyak dan mencukupi.
  6. Masak hingga bumbu meresap dalam ayam.
  7. Jika sudah angkat ayam yang banyak dagingnya, suir-suir.
  8. Masukkan ayam suir kedalam sisa bumbu yang ada dalam penggorengan.
  9. Tumis dengan ditambah sedikit kuah dan kecap manis. Hingga berubah warna.
  10. Sajikan bahan pelengkap kedalam mangkok, beri suiran ayam. Lalu guyur dengan kuah soto
Selesai ... "Selamat mencoba resep soto ala emak Vanya ya, Bunda!!!"

Minggu, 12 Mei 2019

,
Hai Ibu,

Dalam keluarga kecil kami selai kacang kalah pamor dengan selai yang terbuat dari buah-buahan. Ini adalah kali pertama anak-anak mencoba selai kacang.

Yuhuu!!! Untuk itu agak "peer" bagi emak awalnya, takut anak-anak akan menolak. Tapi ternyata lempeng-lempeng saja, anak-anak suka sama rasanya. ❤❤❤ Ya karena skippy ini memang jempolan, rasa kacang kualitas wahid.

Dari satu jar "Skippy Creamy Peanut Butter" emak pakai untuk membuat dua menu, selebihnya digadoin sama bontot.

Menu 1 : Banana's Cake Less Egg with Skippy Creamy Peanut Butter

Satu jam menjelang berangkat buka bersama di acara pesantren kilat TPQ, tempat mbak Vanya belajar ngaji. Baru deal mau dibikinkan ini, awalnya mama tawari cilok, kan enak tuh dicocol pake saus kacang skippy.


Bahan-bahan :

1 gelas tepung terigu
1 gelas pisang (boleh apa saja) yang sudah dilumatkan
1/2 gelas minyak sayur
1/2 gelas gula pasir
2 sdm penuh susu cokelat bubuk
1 sdt soda kue
Air secukupnya
Skippy Creamy Peanut Butter secukupnya

Cara membuat :

  1. Masukkan gula pasir dan air, aduk hingga gula larut.
  2. Masukan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk
  3. Tambahkan pisang yang telah dilumatkan, aduk
  4. Tambahkan susu cokelat bubuk, aduk
  5. Tuang minyak sayur lalu aduk, masukkan soda kue campur hingga merata.
  6. Masukkan adonan dalam loyang yang telah diberi minyak/margarin
  7. Panggang/kukus selama 30 menit.
  8. Angkat, hiasi dengan Skippy Creamy Peanut Butter lalu hidangkan.

Catatan : tidak menggunakan mixer dalam proses pengadukan, cukup dengan sendok. Anti gagal alhamdulillah, kalau mau lebih enak bisa ditambah telur satu gelas (3-4 butir) tapi namanya bukan Less Egg. 😄😄😄

Proses ini, yang dinanti mbak Vanya disamping proses aduk-mengaduk adonan yang terskip fotonya, emak kejar target karena mau fibawa untuk buka bersama.


😍😍😍 Peanut butternya menggoda.


Menu 2 : Salad with Peanut Sause " Skippy Creamy Peanut Butter"

Saat bosan dengan tumis dan sayur bening atau sop. Juga tidak ada stok sambel pecel ataupun cabai di kulkas. Emak muter otak supaya makan sahur kali ini tetap endolita. Yups!!! Tak ada salahnya mencoba salad saus kacang ini. Dijamin segar dan creamy banget. Tinggal tambah saus sambal sebagai pencita rasa pedas.


Bahan yang ada di kulkas, boleh disesuaikan dengan selera rakyat eh anggota keluarga. Ini ceritanya emak mager belanja dan bingung mau masak sayur apa yang simple dan segar untuk berbuka dan sahur.

Bahan-bahan :

2 buah timun, iris kecil-kecil
1 ikat kemangi
1 buah wortel diparut tipis khas salad
Secukupnya daun kol/kubis
Sause sambal pedas
Skippy Creamy Peanut Butter

Cara membuat :

  1. Setelah semua bahan dicuci, kemudian disiangi selera.
  2. Campur timun, wortel, kemangi dan juga kol dalam satu wadah.
  3. Buatlah adonan saus kacang, Skippy ditambahkan dengan sedikit air agar mudah dicampur.
  4. Masukkan adonan tersebut dalam wadah saus/kecap
  5. Masukkan saus sambal pedas dan juga saus kacang Skippy.
  6. Untuk anak, cukup dengan sause kacang Skippy, dengan ditambah sedikit garam.
  7. Salad siap dihidangkan.
Skippy memang cocok jadi teman mesra emak, boleh dijadikan simpanan, dan menyelamatkan disaat genting. Yuk buruan cobain resep diatas.

Rabu, 08 Mei 2019

,
Bissmillahirrahmanirrahim 💚💚💚



Judul : Asyiknya Ramadhanku
Penulis : Tim Redaksi  Era Intermedia
Penerbit :PT. Era Adicitra Intermedia
Terbitan : Rajab 1440H/Maret 2019
Tebal : 56 halaman

Ramadhan itu bulan punya banyak rasa. Ada asyik, seru, tapi juga berat. Apalagu kalau puasa pas musim panas. Pasti butuh perjuangan. Benar kan?

Nah, sambil belajar tentang Ramadhan dan ouasa, di dalam buku ini Rama dan Dania mengajakmu untuk menikmati serunya Ramadhan.

Kamu dapat menuliskan pengalaman sahur prtamamu, atau serunta buka puasa di hari pertama, atau menempek stiker emogi-mu setiap hari selama bulan puasa.

Pokoknya seru. Kamu juga bisa menempel, menghitung, menggunting, mewarnai, mencari jejak, dan masih banyak lagi keseruannya. Ada bonusnya juga, loh 

Dijamin asyik dan seru sejak halaman pertama.
_____________________________________________


Buku "Asyiknya Ramadhan" ini, kertas yang digunakan bagus dan konten didalamnya sangat bagus untuk mengenalkan puasa lebih dalam lagi kepada anak-anak.

Dimulai dari pembahasan rukun islam, dengan aktivitas mewarnai, lalu perkenalan nama-nama bulan dalam kalender hijriah.

Kita bisa menghafalkan bersama dengan bernyanyi dan menghitung bulan ke berapa kita berpuasa? Kapan kita berpuasa? Yang mana yang bulan Ramadhan, coba tunjukkan. Tergantung kreatifitas bunda dalam mendampingi ananda.

Panduan lengkap bunda untuk memperkenalkan puasa mulai dari segi fiqih, ibadah dan juga adab berpuasa juga adab hari raya.

Lengkap kan bunda?

Buku ini sampai di rumah kami lebih dari seminggu sebelum berpuasa. Setiap hari pulang sekolah mbak Vanya selalu bertanya, "Ma, apa boleh mbak Vanya lihat buku puasa mbak Vanya lagi?"

Pertanda dia menyukainya, memang disamping gambarnya bagus, banyak aktifitas seru yang ingin mbak Vanya kerjakan. Berkali-kali dibaca, kadang terdengar ia sedang membacakan untuk adiknya.


Pada bagian ini emak sempat merasa amazing, MashaAllah tabarakallah ... Mbak Vanya hafal semuanya, hanya nama pintu surga Ar-Rayyan mbak Vanya musti dipancing di awal.

Dan ending-nya pun MashaAllah, mbak Vanya bilang, "Ma, ini teman-teman mbak Vanya harus tahu ini mak, banyak sekali hadiah dari Allah, biar mereka juga berpuasa seperti mbak Vanya."

ada juga lembar aktivitas, seperti mewarnai, maze mencari jejak, menempel stiker, memilih mana yang boleh dan tidak boleh dan yang paling seru adalah saat menulis cerita.


Kini saatnya emak menanamkan kecintaan kepada bulan puasa dan juga fiqih. Buku ini sesuai dengan ekspektasi emak untuk memfasilitasi kebutuhan dalam mengajarkan nilai puasa Ramadhan pada ananda.

Jadwal puasaku juga efektif untuk mengingatkan mbak Vanya bahwa ada sholat yang belum dilaksanakan. Ini juga nantinya digunakan untuk klaim reward puasa tahun ini.


Diakhir episode nanti, selain dapat hadiah mbak Vanya juga akan mendapat serifikat yang ada dari bonus pembelian buku. Yeaaayyy!!!

Dari buku ini mbak Vanya, belajar hal baru seperti : do'a sewaktu melihat hilal, memahami iktikaf, lailatul qodar, adab berpuasa dan hari raya. Do'a ketika berkunjung ke tetangga sewaktu hari raya.

Alhamdulillah ya, banyak hal baru yang bisa mbak Vanya pelajari. Buku ini masih dijual dengan harga Pre Order ya bahkan ada diskon tambahan, selama persediaan masih ada. Grab it fast!!!

Selasa, 07 Mei 2019

,
Bismillahirrahmanirrahim 😍😍😍


Hai gaes, ketemu lagi kita di blog kesayangan kita (kitaa??? Loe aja kali) "Lantana Ungu Journey" dengan topik pembahasan "tempat bukber favoritku".
Kebetulan dikarenakan beberapa kali agenda bukber kandas, dari mulai agenda bukber bersama teman kantor dulu, hingga agenda reuni dengan memilih setting bukber pun tak jadi.

Jadi emak ini minim info tentang lokasi bukber yang paling enjoy di Bekasi Raya ini. Maka dari itu emak musti cerita waktu yang telah lalu ya gaes.

Dikisahkan di sebuah desa, yang berada dalam deretan pegunungan menoreh. Tepatnya desa Trayu kel. Ngargosari, kec. Samigaluh daerah kabupaten Kulon Progo. Kulon Progo itu masuk wilayah DIY ya. Ada yang istimewa disana, apa hayo?

Setiap hari penduduk di sana, ketika bulan Ramadhan tiba, mereka bukber. Loh kok bisa? Jadi begini ceritanya ... penduduk setempat memang setiap hari melakukan buka bersama di Masjid.

Jadi dalam sebulan mereka hanya mendapat giliran satu kali dalam memasak menu takjil. Selebihnya tinggal makan masakan tetangga mereka. Mereka dalam kurun waktu satu bulan hanya sekali memasak menu buka puasa. Santai ya kaya di pantai.

Sudah dipastikan seperti hajatan ya gaes, masak sehari mereka. Iya ... bagi golongan atas, mereka memanfaatkan momen ini untuk berbagi, dan sangat menanti kesempatan untuk mendapat giliran memasak takjil.

Coba bayangkan dari seluruh penduduk dengan 70 KK dengan beragam jumlah anggota keluarga, bisa main kalkulator ya ini. Pahala memberi makan orang berpuasa adalah mendapatkan pahala sebesar pahala orang yang berpuasa. Sebanyak itu, makanya bagi yang mampu dan paham maka hal ini sangat dinantikan.


Bagi yang kurang mampu bagaimana? Ada kebijakan membebaskan dari jatah, dan ada pula jatah berkelompok. Endess bukan?

Bagi saya pribadi, hal ini menjadi momen yang sangat menyenangkan dan ngangeni. Saya bukan penduduk sana namun simbah angkat saya kebetulan penduduk di sana. Baru sekali saya merasakan kenikmatan itu.

Berkumpul, berdo'a bersama, membatalkan puasa, lalu bergegas menjalankan ibadah shalat maghrib berjama'ah. Setelah itu dilanjutkan dengan makan nasi bungkus, orang Kulon Progo biasa menyebutnya nuk.

"Apa itu nuk?"

Nuk adalah nasi beserta lauk pauk yang dibungkus dengan daun pisang. Yang bentuk bungkusannya seperti mobil sedan. 

Jadi bagi saya pribadi tempat terfavorit untuk melakukan bukber adalah di masjid. Nuansa islami lebih meresap, momennya tak terbeli.

Sehabis itu mereka tidak perlu pulang lagi untuk makan di rumah. Langsung mengerjakan shalat Isya' dan tarawih. Untuk membuat suasana semakin syahdu makan ada kultum sesaat menjelang bukber.

Kata simbah, "Nek ora soum ya kapok Nduk, nang omah ora duwe takjil. Leh olah-olah gur nek arep sahur, sitik wae wis cukup."

Artinya, kalau gak puasa tau rasa Nak, di rumah tidak punya takjil, ibu-ibu memasak saat mau sahur dan sedikit sudah cukup.

Kecuali tidak malu, enggan berpuasa namun datang bukber demi mengisi perut kosong. Hihihi ....

Sekian ya gaes, cerita tentang lokasi bukber terfavorit dan terrekomendasi. Ayo segera jadwalkan bukber di Masjid favorit  anda, lebih afdzol lagi dengan mengundang yatim dan dhuafa. Berkah-berkah ...

Senin, 06 Mei 2019

,
Bismillahirrahmannirrahim  💚💚💚


Sudah sejak 100 hari lalu saya dan mbak Vanya membicarakan kedatangan bulan Ramadhan. Menanamkan rasa rindu dan cinta terhadap bulan penuh berkah.

Apa saja yang kami bicarakan?

Asyiknya sahur, serunya berbuka, serta reward puasa penuh mbak Vanya. Dua tahun berturut-turut mbak Vanya sudah berhasil mengikuti puasa sehari penuh, dan konsisten satu bulan penuh. Kami juga membicarakan tentang fiqih serta adab berpuasa.

Karena puasa yang saya kenalkan kepada mbak Vanya adalah untuk merasakan bagaimana kaum dhuafa menyelesaikan hari mereka. Dengan menahan lapar dan bersabar.

Sebelum kita berbincang jauh tentang buka puasa, alangkah baiknya jika kita memahami keutamaan waktu berbuka puasa. Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini :


Bahwasannya waktu berbuka adalah waktu-waktu dikabulkannya do'a kita. Maka dari itu kami menyiapkan do'a terbaik ketika waktunya berbuka puasa.

Dengan demikian emak menganjurkan pada anak untuk memperbanyak do'a kepada Allah ketika tiba waktunya berbuka. Terutama agar puasa kita hari ini diterima oleh-Nya, mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah.


Menjelang berbuka puasa emak baru mulai repot di dapur, injury time. Memang sengaja sebab, dua tahun kemarin mbak Vanya sudah puasa full day, mulai dari usia 57 bulan. Jadi setelah tidur siang, mandi dan sholat ashar.

Waktu emak adalah bermain bersama mbak Vanya. Aktivitasnya mulai dari crafting, mewarnai, finger painting juga sains. Dengan begitu mbak Vanya terhindar dari lemas, marah-marah dan tanya kapan waktu berbuka.

Sewaktu anak tidur siang emak biasanya preparasi buat masak di injury time menjelang dimakan. Agar aroma masakan tidak membuat mbak Vanya patah semangat. Menyiapkan bumbu, menyiangi sayur dan menyiapkan lauk untuk di marinasi. Agar nanti tinggal sreng.

Buka puasa kami jarang makan di luar bahkan bisa dibilang menghindari itu, karena waktunya pas sholat maghrib, dan setelahnya emak mengajak anak-anak untuk shalat tarawih berjamaah.

Untuk kali ini emak sudah menyiapkan tiga macam buku untuk amunisi anak meningkatkan kecintaan terhadap bulan penuh berkah ini yaitu :

Ini emak siapin buat adik Aida, supaya mengenal puasa Ramadhan. Tidak berebut dengan Mbak.

Awalnya emak cuma membelikan mbak Vanya buku Asyiknya Ramadhan, lalu adik protes, "Mama kok Adik ga dibeliin, Adik kan mau puasa juga kaya Mbak."

Sebagai perkenalan buat dik Aida, agar bersemangat seperti mbak Vanya. Aida masih terlalu kecil untuk berpuasa. Ikut sahur dan buka puasanya saja pastinya.

Ini untuk 30 hari berkisah sebelum berbuka puasa dan aktivitas harian jika emak tak sanggup  menyiapkan kegiatan lain.

Buku yang ini, emak maksudkan untuk mengalihkan dari menonton televisi dan menciptakan bonding dengan anak.  Kisah seru ini akan menambahkan semangat mbak Vanya dalam mempelajari akhlaqul karimah yang terdapat dalam setiap kisahnya.

Serta aktivitas harian bisa dikerjakan ketika nanti emak memasak. Sambil menanti berbuka, agar tidak terasa lama. Aktivitas ini akan membuat mereka bahagia dalam menjalani. Mendukung anak agar mampu bersabar dalam menanti waktu berbuka.

Ini buat mbak Vanya, agar istiqomah puasanya, dan untuk klaim reward puasa, ada sertifikatnya juga loh.

Emak menyampaikan kepada mbak Vanya bahwa Rasulullah SAW itu berbuka dengan memakan kurma dan meminum air putih. Namun mbak Vanya menolak.

"Mbak Vanya ga papa kalau minum air putih, tapi ga mau kalau makan kurma, nanti mbak Vanya kabur aja." Tolaknya karena belum suka dengan rasa kurma.

Dari awal perkenalan mbak Vanya memang tidak menyukai kurma, hanya digigit sekali lalu diletakkan kembali, dan tidak mau mencoba lagi. Begitupun dengan sari kurma, mbak Vanya tidak suka manisnya. Tapi alhamdulillah sudah mulai suka dengan madu.

Menu buka puasa kami tidak neko-neko, hanya minuman, biasanya adalah Pocari Sweet, air putih atau teh manis, bisa juga susu. Tidak ada es buah atau sop buah. Tidak laku hanya abu Vanya n Aida yang suka, begitu pun kolak.

Yang diminati oleh anak-anak adalah buah segar utuh, meskipun sop buah berisi beraneka ragam buah segar tetapi anak-anak tidak menyukai, es degan/kelapa muda pun, anak-anak lebih suka airnya saja tanpa kelapanya. Hihihi ...

Jadi seperti apa menunya?

  1. Minuman (susu/teh manis/pocary sweet/air kelapa+ air putih)
  2. Buah utuh/jus buah

Kemudian mendirikan shalat mafhrib, setelah itu kemudian melanjutkan dengan hidangan sebagai berikut :

  1. Camilan berat (cake/risol/bakwan/sosis solo/siomay)
  2. Nasi
  3. Sayur
  4. Lauk
  5. Kerupuk

"Lalu bagaimana berbukanya?"

Dikarenakan waktu berbuka adalah waktu mustajab untuk berdo'a. Maka harus diselipkan do'a bermunajah pada Allah, memohon agar diampuni segala dosa dan diterima pahala puasa hari itu.

Membaca do'a, mulai mengajarkan anak-anak do'a shahih yang Rasulullah baca sebelum berbuka, seperti di atas. Menjelaskan kepada anak bahwa do'a tersebut shahih, atau disampaikan bahwa Rasulullah selalu berdo'a dengan do'a itu.

Membaca do'a yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu "Allahumma laka sumtu wabika amantu wa'ala rizkika aftartu birahmatika yaa arhamarrahimin." Seperti dijelaskan dalam muslim.or.id bahwa do'a tersebut dzoif, tidak ditemukan dalam kitab hadits manapun. Maka bacaan tersebut dihukumi sama seperti ucapan do'a kita sendiri.

Mbak Vanya kalau berbuka puasa alhamdulillah tidak berlebihan, diajari untuk tidak balas dendam. Bahwa berpuasa adalah berlatih merasakan kesusahan kaum duafa, jadi berbukapun tidak boleh berlebihan. Apalagi sekarang sudah mulai memahami bahwa Rasulullah SAW berhenti makan sebelum kenyang.

Dan selalu antusias untuk melakukan shalat tarawih. Jadi akan lebih enak perutnya apabila tidak kekenyangan. Biasanya emak memilih tempat yang jauh dari temannya. Agar semangat shalatnya tidak kendur. Mudah dinasehati, dan alhamdulillah selalu semangat sampai akhir. Tadi malam ia bahagia setelah menyelesaikan shalat terawih hingga rakaat terakhir.

Setelah tarawih baru boleh jajan, biasanya mbak Vanya makan malam lagi menjelang tidur malam. Hehehe ...


Sekian cerita seputar berbuka puasa kami.

Follow Us @sukmanyamega