Selasa, 22 Januari 2019

,
Bismillahirrahmaannirrahiim 💜💜💜

Yeeaaay!!! Kelas matrikulasi dimulai minggu depan dan saya adalah salah satu bagian dari batch #7. Langit Bekasi yang sedang mendung dan menitikkan gerimis tak mengurangi rasa bahagia saya sedikitpun. Justru bersyukur sekali Allah merahmati kami warga Bekasi dengan hujan.


Tugas uji coba kali ini adalah mencoba menuangkan perasaan dan keinginan saya ke dalam tulisan. Garis besarnya sudah pasti bahagia dan penuh semangat. Sudah sejak dari batch #4 saya ngidam menjadi mahasiswi IIP. Qodarullah baru kali ini terlaksana.

Institute Ibu Profesional adalah  komunitas ibu dan calon ibu yang ingin meningkatkan kualitas diri sebagai perempuan, seorang istri dan seorang ibu.
Waktu saya tidak bisa fighting mengejar pendaftaran matrikulasi batch #6. Berawal dari situ jadi makin penasaran dan makin semangat. Azam mulai ditanamkan dan dipupuk dengan do'a. Semoga batch selanjutnya bisa bertarung. Ponsel jangan rusak dan rekening terisi saldo. Minimal buat transfer Rp. 100.000, sebagai pendaftaran member seumur hidup di Institute Ibu Profesional.

Tepat tanggal 22 Desember 2019 saya berencana submit gform pendaftaran kelas foundation. Awalnya kesulitan menemukan, browser loading aja, tetep coba lagi dan lagi. Akhirnya berhasil submit di hari pertama pembukaan, lega terasa dirongga dada.

Menunggu sampai pengumuman dan diundang ke grup whatsapp itu seperti tak kuasa. Ingin lambaikan tangan ke kamera kalau ada. Dan bilang, "udah dong sekarang aja pengumumannya."

Benar saja, belum sampai batas waktu penutupan pendaftaran. Quota sudah terpenuhi jadi ditutup lebih awal. Tiba saatnya pengumuman, ada notif dari IG @institut.ibu.profesional kalau hari itu pengumuman peserta yang lolos.

Ada rasa bungah yang meletup-letup waktu buka link pengumuman. Ada nama Sua Meganingrum, di grup Bekasi 2. Itu pasti aku meskipun nama depanku itu Sukma. Dan benar, hanya salah ketik saja, karena tak lama diriku sudah tergabung dalam WAG Bekasi 2 dengan wali kelas mba Shepti Purwosunu. Halo...mba Shepty...🤗

Di kelas foundation ini, cuma dua minggu saja, dan kecemasan masih berlanjut. Kelas foundation ini dimaksudkan untuk bisa mendapatkan benih emak-emak yang memang sangat ingin bergabung dengan IIP dan memulai pengenalan ritme perkuliahan IIP. Agar tidak kaget dan mundur di tengah jalan ketika kelas matrikulasi telah bergulir.

Kalau menurut kaca mata saya sih, lebih memberi kesempatan kepada orang-orang seperti saya untuk lolos lagi. Dan memberi kesempatan mundur untuk yang belum siap tempur. Sehingga quota kelas foundation bisa lebih longgar banyak yang keangkut. Menyaring yang bersungguh-sungguh. #IMHO

Bagi kalian yang berkeinginan untuk mengetahui step-step mengikuti perkuliahan online Ibu Profesional bisa baca disini : Foundation Dulu Matrikulasi Kemudian
"Belajar apa saja sih di kelas Foundation?"

Selayang Pandang Ibu Profesional

Mengenal lebih dekat tentang Ibu Profesional, mengenal pendirinya yaitu Ibu Septi Peni Wulandani beserta suami, cerita perjuangan pasangan suami-istri yang berjuang meningkatkan kemampuan diri dalam management keluarga hingga berdirinya IIP.

Tahapan Belajar Institute Ibu Profesional



Management Gawai



Jadi meskipun ada WAG tapi calon Ibu Profesional ini gak melulu pantengin hape. Ada waktu tertentu untuk berdiskusi dalam setiap harinya.

Dan ada yang namanya Gadget Free on Sunday. Diharapkan agar waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersamai keluarga. Menciptakan kebersamaan di rumah tanpa gadget.

Kenal Lebih Dekat Regional Kota

Selain perkuliahan online juga ada beberapa pertemuan offline. Ada kegiatan rumbel (rumah belajar), disini nih ajang kopdarnya emak-emak dengan hobi yang sama.

Segera ganti kopdarnya dengan yang bukan sekedar mencari hiburan tetapi juga ilmu.

Juga membahas tentang kepengurusan regional Bekasi. Boleh juga daftar untuk jadi pengurus.

Code of Conduct

CoC dibuat sebagai panduan, tidak untuk membatasi/mengekang. Dengan dibuatnya CoC, diharapkan agar peserta lebih mudah dalam menjalankan masa perkuliahan. Bukankah ketika membeli barang biasanya dilengkapi dengan buku manual prosedur.

Diharapkan agar peserta cenderung kepada perilaku bermartabat ketimbang perilaku nista. Diharapkan juga agar selalu aktif dalam diskusi, dan menghindari perilaku "Silent Reader".

Google Classroom

Membuat akun GClassroom untuk pertama kalinya. GC ini bisa didownload aplikasinya via play store untuk android. Atau jika fakir memori seperti saya bisa kok menggunakannya melalui browser atau google chrome. Lihat di bawah ini kelas saya :
"Kenapa sih ingin banget gabung dengan IIP?
Karena emak fakir ilmu, emak butuh upgrade ilmu-ilmu peremakan. Biar jadi hitech dan gak ketinggalan. Biar punya banyak kenalan emak yang akan saling dukung. Biar selalu dalam gelombang motherhood. Banyaklah pokoknya. Yang paling penting, "biar disayang suami."

Kamis, 17 Januari 2019

,
Assalamu'alaikum kawan 😂,

 Tahun 2018 sudah berakhir, menyisakan banyak kenangan dan duka mendalam, dengan berbagai musibah yang terjadi di beberapa bagian negeri tercinta, Indonesia. Namun tak mengurangi semangat literasi kita, untuk tetap berkarya. Mari kita selipkan do'a untuk korban Tsunami Selat Sunda, yang belum lama terjadi, serta korban bencana yang lain. Semoga ujian ini menguatkan mereka.

 Sebagai narablog yang masih amatiran ini, mari kita songsong tahun 2019. Dengan saling menularkan semangat mengasuh blog dengan lebih baik lagi. Baik, sampai disini adakah yang bingung dengan istilah narablog?

Apa itu narablog?

 Narablog adalah seseorang yang membuat atau memelihara blog. Diadopsi dari kata blogger. Sedangkan blog itu sendiri adalah situs web yang berisi deskripsi suatu berita atau acara, dengan ditambahkan gambar serta video sebagai pendukung. Biasanya yang ditampilkan terlebih dahulu adalah hasil karya terbaru. Dan untuk mengaksesnya dibutuhkan jejaring; jaringan ; atau internet.


Apa sih manfaat menjadi narablog itu bagimu? Lantas membuatmu bangga melakoninya?
 Pertanyaan yang bagus, jadi untuk menjaga agar tetep rajin ngasuh blog yang kita kelola, memang kita harus tahu manfaat blog bagi diri sendiri. Jangan lama-lama berbasa-basi, langsung ya ke point dibawah ini.

  • Promosi Diri Sendiri (Personal Branding)
 Bagi sebagian orang personal branding ini sangat penting. Yang dimaksud dengan personal branding adalah bagaimana kita membangun image tentang diri sendiri, apa label yang akan kita lekatkan pada pribadi kita. Tentunya kita harus paham terlebih dahulu siapa diri kita, dan bagaimana kita akan melabelkan suatu predikat. Sebagai contoh, kita ingin dijuluki sebagai ahli kerajinan tangan, berarti yang tema yang diangkat tentang kerajinan, dan sebagainya.


  • Memberi Sesuatu kepada Orang Banyak
 Sesuatu disini biasanya adalah ilmu. Berupa cara-cara mengatasi berbagai masalah atau panduan. Terkadang berbagi pengalaman, yang itu berarti sangat berharga bukan? 

 Terkadang orang perlu bersusah payah untuk melakukan trial and error tapi karena sudah membaca dari pengalaman yang kita tulis, bisa menjadi titik terang bagi beberapa orang yang masih meraba-raba arah ataupun hasil. Dalam Islam juga dianjurkan agar kita tidak pelit ilmu, membagikan walau hanya satu ayat.

Bukan sekedar membanggakan kalau menurut saya pribadi, tapi bisa dijadikan investasi akhirat, apabila yang kita bagikan memberi manfaat bagi banyak orang.



  • Menjadi Inspirator atau Penghibur
 Bisa banget lho, dengan kita ngeblog, orang jadi terinspirasi untuk ikutan ngeblog. Berbagi pengalaman yang dimilikinya, ketika merasakan dirinya mendapatkan manfaat dari blog yang dibaca olehnya.

 Setiap orang memiliki pengalaman berharga dan bisa juga menjadi sumber inspirasi. Bisa juga sebagai penghibur, ternyata bukan dirinya seorang yang mengalami masalah. Ada beberapa orang yang berjuang dengan masalah yang sama seperti yang sedang dihadapi.

 Membuat orang lain merasa tidak sendirian dalam berjuang, bukankah itu menyenangkan?

  • Menjaga Kesehatan
 Karena menulis bisa digunakan sebagai terapi penyembuhan. Jadi menulis bisa dijadikan sebagai pilihan untuk tetap sehat. Ada beberapa kondisi yang ternyata disarankan oleh psikolog ataupun dokter agar menggunakan metode self healing.

 Woooaaah!!! Ternyata menulis banyak manfaatnya ya. E...tapi kalau terapi untuk menyembuhkan trauma biasanya nulis di kertas lalu disobek-sobek. Tapi bisa juga sih ya, menulis hal-hal yang membahagiakan agar kita bisa bersyukur atas nikmat sekecil apapun. Dan menulis juga bisa digunakan untuk menghindari kepikunan.

 Kalau saya pribadi, menulis itu sesuatu yang menyenangkan, mendatangkan kebahagiaan. Jadi kalau hati bahagia, pikiran tenang, InshaAllah akan terhindar dari berbagai penyakit yang bersumber dari hati.

  • Mendapatkan Bonus Income
 Ketika hobi menjadi profesi bukankan income yang diperoleh merupakan bonus. Nah disini saya masih belum bisa memberikan contohnya, karena saya masih blogger pemula yang masih harus banyak belajar dari 'suhu' blogger yang sudah profesional.

 Hebatnya mereka tidak perlu berpanas-panasan, bermacet-macetan bisa menghasilkan uang hanya dengan menulis blog di rumah.

 Yang pasti, untuk menjadi seperti mereka diperlukan keuletan atau konsistensi tinggi dan belajar lagi dan lagi.

  • Menambah Wawasan dan Teman
 Ketika kita menjadi blogger, biasanya kita akan lebih sering blog walking. Karena kebutuhan untuk mendapatkan topik yang bagus yang terkadang sudah ada ide namun bingung menuangkan ide ke dalam tulisan. Serta memperbaharui ilmu, agar blog semakin ciamik dan menarik minat pembacanya. Dengan begitu akan menambah wawasan bukan?

  Asiknya lagi, kita akan mempunyai banyak teman, teman sesama narablog yang membuat kita semakin semangat menjadi narablog.

 Dari enam manfaat ngeblog diatas, sudah membuat saya bangga menjadi salah satu narablog di Indonesia.

Resolusi 2019

 Resolusi sederhana di tahun 2019 ini, selain ingin menjadi narablog profesional juga ingin kembali membuat buku antalogi kedua, setelah buku pertama di tahun 2011. Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih mensupport hobi menulis. Semua aral menjauh dan berganti menjadi dukungan untuk kembali rajin menulis. Berkarya demi mengabadikan nama.

 Nah jadi gimana guys?! Sudah siap untuk ikutan ngeblog? Ayo buat blogmu sendiri sekarang juga!

 Sebagai amunisi ayo ikutan  Kompetisi Blog Nodi dibawah ini sama seperti saya.



Follow Us @sukmanyamega