Tips Mencerahkan Wajah dengan Masker Kopi


 Kulit wajah tampak kusam dan kasar karena terpapar sinar matahari dan juga polusi memang menjadi problem tersendiri bagi kaum perempuan. Tips mencerahkan wajah dengan masker kopi bagi saya ternyata menyenangkan. Keinginan tampil cantik dihadapan suami, membuatku berani mencobanya. Eeeaaa


Tips Mencerahkan Wajah dengan Masker Kopi

Sempat terpikir loh, apakah ini termasuk jenis kulit badak hehehe, yang tak mempan dengan berbagai macam cream wajah. Ternyata tidak demikian, memakai cream pagi dan siang memang suatu keharusan bagi bu-ibu seperti saya yang sudah menginjak umur kepala tiga, karena kulit sudah meminta jatah untuk dirawat lebih insentif.

 Namun  tidak hanya terpaku dengan penggunaan cream saja. Kulit sehat juga dipengaruhi dengan cara membersihkan muka dan juga pemakaian masker. Kali ini saya akan mengulas tentang masker alami, yang bisa dijumpai di masing-masing dapur emak rempong yaitu masker dari kopi bubuk.


7 Manfaat Kopi Bagi Perawatan Wajah


Bukan tanpa alasan ya ketika saya mencoba memilih menggunakan masker untuk perawatan wajah. Saya juga baru tahu jika kopi memiliki manfaat yang bagus untuk perawatan kulit, yaitu:


1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari


Kopi mengandung polifenol, salah satu zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga kopi bisa melindungi kulit kita dari sinar matahari yang kita tahu mengandung ulta violet (UV).

Masker kopi dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam, kemerahan dan garis-garis halus akibat penuaan. Sebab seringnya terkena paparan sinar matahari. 


2. Menenangkan Kulit

Terdapat kandungan vitamin B3 (niasin) yang berasal dari penguraian trigonelin setelah proses biji kopi disangrai. Kandungan Vitamin B3 dapat mencegah terjadinya kanker kulit non melanoma, dan dapat menyamarkan pori-pori.


3. Mengatasi Hiperpigmentasi pada Kulit


Mengenakan masker kopi secara rutin dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit. Sehingga noda hitam dan warna kulit yang tidak rata dapat diatasi. 

Kandungan asam klorogenat pada kopi terbukti menghambat aktivitas enzim tirosinase yang terdapat pada sel melanoma B16. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit.


4. Mengobati Jerawat


Asam klorogenat juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan jerawat yang meradang. Kandungannya dapat digunakan untuk memerangi bakteri penyebab jerawat.

Manfaat hiperpigmentasi asam klorogenat juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat secara alami.

5. Menjaga Kesehatan Kulit


Ada asam lemak utama yang bernama asam linoleat. Asam linoleat kopi berperan dalam pergantian sel dan pembaharuan kulit yang sehat. Ini juga berperan menjaga pori-pori agar tetap bersih.

Senyawa fenolik dan tokofenolnya memiliki efek anti oksidan yang berfungsi membantu peradangan dan proses penyembuhan luka. 

6. Mengencangkan Kulit


Kopi dapat memperlancar aliran darah. Hal ini membuat sel kulit mengalami peningkatan pembuatan kolagen. Kolagen bertindak sebagai struktur pendukung yang memberi kekuatan dan elastisitas kulit. 

Menggunakan masker kopi dapat membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan elastis.

7. Membantu Mengatasi Mata Panda


Mata panda umumnya terjadi akibat area bawah mata memiliki sirkulasi darah yang buruk. Kafein dalam kopi selain memiliki fungsi sebagai antioksidan, juga memiliki peranan dalam merangsang sirkulasi darah pada daerah sekitar mata.

Kafein juga dapat mengurangi peradangan dibawah mata, bengkak dan kemerahan. Rutin memakai masker kopi dapat menepikan mata panda dari wajah.

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bubuk kopi, madu dan jeruk nipis. Ini untuk jenis kulit berminyak seperti saya.

 

1. Kopi Bubuk


Kebetulan saya memiliki stok kopi arabica asli dari Temanggung. Kopi sangrai dengan kualitas yang tidak diragukan. Rasa dan aromanya sedap sekali ketika diseduh. Ternyata juga memiliki manfaat melimpah untuk perawatan wajah. 


2. Jeruk Nipis


Selain digunakan untuk infuse water, obat batuk herbal, penyedap masakan ternyata jeruk nipis memiliki manfaat yang banyak untuk perawatan wajah.

Sama halnya dengan kopi, jeruk nipis memiliki manfaat sebagai pencerah wajah. Selain itu jeruk nipis memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, mengatasi masalah jerawat, Mengencangkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan meremajakan sel kulit wajah.


3. Madu


Madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain untuk dikonsumsi ternyata madu memiliki manfaat yang baik untuk wajah. 

Madu memiliki banyak kandungan zat yang terbukti dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, mengatasi jerawat, dan mengurangi resiko terjadinya kanker kulit. 


Cara Pembuatan

Saya biasanya membuat masker ini untuk sekali pemakaian saja. Sehingga ukuran bahan dapat disesuaikan dengan lebar muka masing-masing ya.

Caranya cukup mudah, campur rata semua bahan di atas. Komposisi bahan yang biasa saya buat adalah:
  • 1 sdt penuh bubuk kopi
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt jeruk nipis
Pastikan semua bahan tercampur rata, setelah itu masker sudah siap untuk digunakan. 


Cara Penggunaan

Sebelum menggunakan masker sebaiknya wajah dibersihkan dengan facial wash, kemudian buat pori-pori wajah terbuka dengan cara sauna wajah atau bisa dengan memakai cleansing milk dan toner. 

  1. Aplikasikan masker dengan memutar-mutar, agar kulit mati terangkat. Sambil agak ditekan agar lebih meresap
  2. Tunggu masker hingga kering. Bersihkan wajah dengan air hangat.
  3. Setelah itu gunakan handuk dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah.
 Cara menggunakan handuk dingin sebaiknya di-tap-tap atau ditekan perlahan hingga merata ke seluruh wajah.

Sensasi yang Dirasakan

Setelah selesai membersihkan masker dari wajah, rasanya kulit mukaku terasa kenyal, elastis, halus, dan cerah. Saya merasa bahwa wajah saya tak hanya bersih saja, melainkan memiliki kesan sehat.

Tak hanya itu, rasa ringan kehilangan banyak minyak yang biasanya membandel membuat seharian mood saya bagus. Aroma kopi kesukaan juga menemani saya seharian. Menjadi bentuk relaksasi tersendiri.

Oleh karena sensasi yang menyenangkan ini rasanya ingin memakai masker ini setiap hari. Tentu pemakaian masker ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Sebab butiran scrub pada kopi sewaktu dioleskan memberi eksfoliasi, berfungsi mengangkat sel kulit mati.

Tentu akan merusak jaringan kulit permukaan jika dilakukan setiap hari. Penggunaan masker ini bisa dilakukan 2x dalam seminggu. 

Demikian tips mencerahkan wajah dengan masker  kopi. Rasakan kulit kencang, cerah berseri dan halus mulus. Buktikan sendiri ya... Selamat Mencoba! 
Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar