Postingan

Ramuan Ampuh Usir Ketombe

Gambar
"Aduh aku ketombean iki," kataku. "Halah gur sindap wae," jawab Retno. "Kok gur sindap, wong kui ki ketombe kok," sahut nenek Retno dari dalam rumah. "Nggih mbah, lha nek sindap niku pripun men ical mbah?" tanyaku sambil mesam-mesem.

Simbah tidak tahu kalo ketombe itu bahasa jawanya yaa sindap itu. Tapi jadinya ada ramuan ampuh penghilang ketombe. Back to nature, yuk kepoin dua alternatif ramuan yang ampuh usir ketombe. Ketombe kocar-kacir menjauh dan kepala tidak gatal lagi.


1. Daun pandan

Taukah kamu seperti apa daun pandan itu?


Hehe, sudah banyak yang tahu kalau daun pandan mah ya .... Hampir setiap rumah pernah menggunakan dan mudah dikembang-biakkan, otomatis banyak yang tanam. Daun pandan yang harum baunya dan bisa untuk pewarna alami ini memiliki fungsi sebagai anti ketombe.

Cara :
Ambil beberapa helai daun pandan. Ditumbuk hingga halus, ambil airnya dengan diperas. Lalu gunakan untuk hair mask. Usahakan sampai ke lapisan kulit kepala. P…

Nasi Goreng Kemangi

Gambar
Hai BPN lovers,
Nasi goreng adalah jenis makanan yang selalu laris manis. Walau sudah masak porsi jumbo, pasti yang keluar dari mulut Vanya adalah, "cuman segini ma nasinya?"
Beda tipis ya genk antara saking enaknya dan juga saking doyannya.
Saya berbeda dengan ibu-ibu yang masak nasi goreng itu harus ada ini, ono, n itu. Kalau ga ada ya gak jadi bikin. Kalau saya adanya apa ya itulah nasi goreng saya. Hue ... hue ... hue ....
Nasi goreng seafood, nasi gireng teri medan, nasi goreng kambing, atau pake ayam suwir. Semua bisa diolah yang penting ada bumbunya. Daan kalau saya pasti ada campuran sayurannya. Tergantung adanya apa juga, bisa kubis, bayam, kangkung, sawi cesim.
Nah kali ini kebetulan, di rumah lagi ada telur. Ada juga bakso tapi anak-anak kurang suka jika dicampur sosis n bakso, terlebih yang punya uang belanja alias Abu Vanya n Aida. Pasti dipinggirin kalo dicampur sosis n bakso.
Nah sayuran apa yang kira-kira akan saya masukkan kedalam menu??? Ya betul sesuai ju…

Resep Soto Ayam Kampung ala Emak Vanya

Gambar
Soto ayam yang paling fenomenal soto dari mana hayoo?

Ada yang jawab, Lamongan, Tegal, dan ada juga yang bilang soto kemiri Kudus. Coto Makasar apa kabar? Itu coto tapi soto juga loh.

Bingung kan mau yang mana yang kita masak nih gaes?

Soto yang saya masak kali ini adalah soto yang biasa saya masak. Masuk khas mana, i don't know lah yaaa ... Hihihihi. Soto Ayam adalah menu favorit anak-anak.


Bahan-bahan yang digunakan :

Bumbu yang dihaluskan :
1 ekor ayam kampung
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 ruas jari kunyit
3 butir kemiri
1 sdt lada bubuk

Bumbu yang di geprek :
2 ruas jari lengkuas
2 ruas jari jahe
1 batang serai

Beberapa lembar daun jeruk purut

Bahan pelengkap :
Soun/bihun secukupnya
Tauge
Kol/kubis diiris tipis
Bawang goreng
Daun bawang n sledri
Tomat
Sambal tomat ❤❤❤

Cara membuat :

Rebus ayam hingga empuk, boleh menggunakan panci presto. Kalau ada pilih ayam kampung yang sedang bertelur, lebih sedap rasanya.Tumis bumbu yang telah dihaluskan dalam api sedang hingg…

Skippy Andalan Ibu Di Saat Genting

Gambar
Hai Ibu,

Dalam keluarga kecil kami selai kacang kalah pamor dengan selai yang terbuat dari buah-buahan. Ini adalah kali pertama anak-anak mencoba selai kacang.
Yuhuu!!! Untuk itu agak "peer" bagi emak awalnya, takut anak-anak akan menolak. Tapi ternyata lempeng-lempeng saja, anak-anak suka sama rasanya. ❤❤❤ Ya karena skippy ini memang jempolan, rasa kacang kualitas wahid.
Dari satu jar "Skippy Creamy Peanut Butter" emak pakai untuk membuat dua menu, selebihnya digadoin sama bontot.
Menu 1 : Banana's Cake Less Egg with Skippy Creamy Peanut Butter
Satu jam menjelang berangkat buka bersama di acara pesantren kilat TPQ, tempat mbak Vanya belajar ngaji. Baru deal mau dibikinkan ini, awalnya mama tawari cilok, kan enak tuh dicocol pake saus kacang skippy.

Bahan-bahan :
1 gelas tepung terigu 1 gelas pisang (boleh apa saja) yang sudah dilumatkan 1/2 gelas minyak sayur 1/2 gelas gula pasir 2 sdm penuh susu cokelat bubuk 1 sdt soda kue Air secukupnya Skippy Creamy Peanut …

Asyiknya Ramadhanku [Book Review]

Gambar
Bissmillahirrahmanirrahim 💚💚💚



Judul : Asyiknya Ramadhanku Penulis : Tim Redaksi  Era Intermedia Penerbit :PT. Era Adicitra Intermedia Terbitan : Rajab 1440H/Maret 2019 Tebal : 56 halaman
Ramadhan itu bulan punya banyak rasa. Ada asyik, seru, tapi juga berat. Apalagu kalau puasa pas musim panas. Pasti butuh perjuangan. Benar kan?
Nah, sambil belajar tentang Ramadhan dan ouasa, di dalam buku ini Rama dan Dania mengajakmu untuk menikmati serunya Ramadhan.
Kamu dapat menuliskan pengalaman sahur prtamamu, atau serunta buka puasa di hari pertama, atau menempek stiker emogi-mu setiap hari selama bulan puasa.
Pokoknya seru. Kamu juga bisa menempel, menghitung, menggunting, mewarnai, mencari jejak, dan masih banyak lagi keseruannya. Ada bonusnya juga, loh 
Dijamin asyik dan seru sejak halaman pertama. _____________________________________________

Buku "Asyiknya Ramadhan" ini, kertas yang digunakan bagus dan konten didalamnya sangat bagus untuk mengenalkan puasa lebih dalam lagi ke…

Tempat Bukber Favoritku

Gambar
Bismillahirrahmanirrahim 😍😍😍


Hai gaes, ketemu lagi kita di blog kesayangan kita (kitaa??? Loe aja kali) "Lantana Ungu Journey" dengan topik pembahasan "tempat bukber favoritku". Kebetulan dikarenakan beberapa kali agenda bukber kandas, dari mulai agenda bukber bersama teman kantor dulu, hingga agenda reuni dengan memilih setting bukber pun tak jadi.
Jadi emak ini minim info tentang lokasi bukber yang paling enjoy di Bekasi Raya ini. Maka dari itu emak musti cerita waktu yang telah lalu ya gaes.
Dikisahkan di sebuah desa, yang berada dalam deretan pegunungan menoreh. Tepatnya desa Trayu kel. Ngargosari, kec. Samigaluh daerah kabupaten Kulon Progo. Kulon Progo itu masuk wilayah DIY ya. Ada yang istimewa disana, apa hayo?
Setiap hari penduduk di sana, ketika bulan Ramadhan tiba, mereka bukber. Loh kok bisa? Jadi begini ceritanya ... penduduk setempat memang setiap hari melakukan buka bersama di Masjid.
Jadi dalam sebulan mereka hanya mendapat giliran satu kali dala…

Berbuka Puasa Bukan Balas Dendam

Gambar
Bismillahirrahmannirrahim  💚💚💚


Sudah sejak 100 hari lalu saya dan mbak Vanya membicarakan kedatangan bulan Ramadhan. Menanamkan rasa rindu dan cinta terhadap bulan penuh berkah.
Apa saja yang kami bicarakan?
Asyiknya sahur, serunya berbuka, serta reward puasa penuh mbak Vanya. Dua tahun berturut-turut mbak Vanya sudah berhasil mengikuti puasa sehari penuh, dan konsisten satu bulan penuh. Kami juga membicarakan tentang fiqih serta adab berpuasa.
Karena puasa yang saya kenalkan kepada mbak Vanya adalah untuk merasakan bagaimana kaum dhuafa menyelesaikan hari mereka. Dengan menahan lapar dan bersabar.
Sebelum kita berbincang jauh tentang buka puasa, alangkah baiknya jika kita memahami keutamaan waktu berbuka puasa. Seperti hadits Rasulullah SAW berikut ini :

Bahwasannya waktu berbuka adalah waktu-waktu dikabulkannya do'a kita. Maka dari itu kami menyiapkan do'a terbaik ketika waktunya berbuka puasa.
Dengan demikian emak menganjurkan pada anak untuk memperbanyak do'a kepada…